Senin, 12 Mei 2014

Indahnya Ibadah di sepertiga malam "Bertahajudlah berdua dengan Allah"


Assalamualykum wr.wb
 Ikhwanfillah n ukhtifillah yang dirahmati Allah SWT.. pada kesempatan ini ada sharing tentang bagaimana keindahan dan kemuliaan ibadah di 1/3 malam.. mau tauu ???

Menurut Imam al-Ghazali, menjalankan ibadah di tengah malam termasuk upaya menggapai cinta Allah SWT, yang paling sempurna, kerena merupakan bukti yang paling benar tentang adab dalam beribadah. Allah SWT memuji orang yan gemar beribadah pada alam hari dengan firman-Nya “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedangkan mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami berikan kepasda mereka (QS: Al-Sajdah [32]; 16). 
            Tidak diragukan bawa orang yang beribadah pada malam har adalah orang yang mencintai Tuhan. Bahkan mereka adalahpara pecinta yang paling mulia {Subhanallah J} Sebaba ibadah di tengah malam yang mereka lakukan merangkum sebagian besar faktor penyebab cinta. Jika membaca Al-Quran, mereka tidak hanya membacanya, tetapi juga merenungkan maknanya dengan khusyuk.
            Dengan bangun malam mereka mendekatkan diri kepada Allah dengan ibadah sunnah. Dengan jauhnya lambung dari tempat tidur untuk Dzikir kepada Allah, mereka lebih utama dari orang-orang yang mengingat Allah pada siang hari. Hal itu juga menunjukkan bahwa mereka lebih mengutamakan cinta Allah daripada hasrat mereka sendiri. Dengan bangun malam mereka telah menelaah nama dan sifat-Nya dengan hati, serta berjalan di taman-taman dan sifat-sifat-Nya.
            Orang yang gemar beribadah pada malam hari sejatinya telah merekuk tiga perempat faktor yang mendatangkan cinta. Karena itu tidak heran apabbila malaikat Jibril sangat dipercaya penduduk langit, berkata kepada Nabi Muhammad Saw “Ketahuilah bahwa seorang mukmin itu mulia karena ia bangun malam, dan terhormat karena tidak butuh manusia “.
            Bangun malam membuat seseorang menjadi mulia karena mereka lebih mengutamakan ridha Allah pada waktu yang paling sulit. Karena itulah mereka disemati tanda-tanda kemuiaan Illahi dalam bentuk cahaya hati, di wajah, ketikamasih hidup, dan setelah mati .Ini merupakan balasan atas ibadah pada malam har nan gelap gulita untukberibadah kepada-Nya. Seorang wanita yang sedang haid dapat pulan menjalankan ibadah pada malam hari dengan cara berdzikir, istighfar. Sungguh pintu surge begitu luas sehingga dapat menampung semua pejalan.
                                                                        Syukron, Jazakumullah khair
Wassalamualykum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tentang KMM

Foto saya
"LDK KMM STKS adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di STKS Bandung yang secara khusus bergerak dalam kegiatan Dakwah Kampus"

Like Our Facebook

Lembaga Dakwah Kampus Keluarga Mahasiswa Muslim Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Copyright © 2009 - 2018